HOME NEWS MASTEL ICT CLINIC TIK GORONTALO E-DUKASI
sekolah gratis


Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Google Bodohi Pengunjungnya


Google mengumumkan browsernya yang bernama Chrome bisa menghasilkan tampilan 3D. Google menyediakan kacamata 3D merah dan biru, jika user belum memilikinya.

Tapi pengumuman itu hanya tipuan saja. Pengumuman itu sebagai bagian April Mop. Google telah memiliki sejarah panjang mengerjai pengunjungnya pada tanggal 1 April.

Pada tahun 2000, raksasa pencari ini meluncurkan MentalPlex, teknologi pencarian yang bisa membaca pikiran orang, sehingga tidak perlu menuliskan kata-kata yang akan dicari. Sementara pada 2004 perusahaan ini mengatakan, telah berhasil membangun fasilitas riset di bulan.

Tahun ini Google juga mengumumkan adanya tool artificial intelligence online bernama CADIE. Melalui teknologi itu, Google menawarkan auto pilot untuk layanan emailnya dimana Gmail akan bisa mengirim pesan secara otomatis.

“Karena makin banyak komunikasi dilakukan melalui email, banyak orang yang mengeluh sulitnya membaca dan merespon semua pesan yang masuk. Hal itu karena mereka harus benar-benat membaca dan membalas email yang masuk,” kata Google dalam pengumumannya.

Google mengatakan Tool autopilot bisa digunakan untuk mengirim respon terhadap proposal bisnis semacam penipuan yang ditawarkan oleh bank di Nigeria. Termasuk memberikan respon pada pesan-pesan pribadi.

Google mengatakan layanan artificial intelligence CADIE bisa berfikir sendiri dan berpotensi bisa mengubah dunia.

Google Brain Search akan menggunakan teknologi CADIE untuk mengindex pemikiran pengguna internet, termasuk meningkatkan kecepatan dan akurasi memori.

CADIE, memiliki logo kartun Panda di websitenya, yang diartikan cepat dalam mencari segmen visual dari web social.

Google pernah mendapat getahnya saat berhubungan dengan April Mop. Ketika meluncurkan layanan email, Gmail pada 2004, oleh sebagian besar user dianggap sebagai April Mop. Jumlah media penyimpanan yang mencapai 1GB dianggap tidak masuk akal.

Perbedaan M-learning dan E-learning

Selama beberapa tahun kebelakang kita sudah familiar dengan hadirnya teknologi E-Learning, seiring dengan perekembangan teknologi yang begitu pesat, kita pun sekarang dihadirkan kembali dengan adanya suatu pendekatan pembelajaran secara mobile yang kita kenal dengan M-Learning (mobile learning). Namun salah satu yang menjadi perbincangan adalah apa perbedaan antara M-Learning dan E-Learning itu dan keterkaitan hubungan diantara keduanya. Definisi komperhensif yang di sampaikan oleh Urdan dan Weggan (2000) memaparkan dengan cukup jelas antara M-Learning dan E-Learning…

”Teknologi E-learning mencangkup seluruh bagian dari aplikasi dan proses, termasuk Computer Based Learning, Web based Learning, Virtual Clasroom dan Digital Collabation”. Kita bisa definisikan bahwa E-Learning adalah suatu pendekatan penyampaian konten-konten pembelajaran beserta interaksinya melalui semua perangkat media, termasuk internet, intranet, ekstranet, satelit broadcast, audio/video tape, interactive TV dan CD-ROM. Dan E-Learning cenderung menggunakan PC dan Internet sebagai media utamanya, dari jenis kontent yang di sajikannyapun cakupannya lebih luas, sedangkan M-Learning (mobile learning) media penyampaiannya terbatas kepada devais-devais bergerak seperti handphone, smartphone, PDA dan lain-lain yang mempunyai keterbatasan memori dan prosesor, dari segi kontent pada umumnya lebih banyak menyajikan kontent-kontent dengan format text dan gambar namun dengan perkembangan devais-devais bergerak saat ini, sekarang format audio, animasi, dan games sudah bisa disajikan dengan baik dan sudah bisa digunakan untuk pemanfaatan penyajian materi-materi pembelajaran.

M-Learning bukan merupakan bentuk pembelajaran elektronik yang baru dari pembelajaran elektronik lainnya melainkan merupakan pengembangan atau bisa dikatakan bagian dari E-Learning yang sudah kita kenal sebelumnya, begitupun E-Learning yang sendirinya adalah bagian dari Distance Learning yang keseluruhannnya tercakup kedalam Flexible learning.

Definisi M-learning

M-Learning (mobile learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan device bergerak seperti telepon genggam, PDA, Laptop dan tablet PC, dimana pembelajar dapat mengakses materi, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, dimanapun dan kapanpun mereka berada.

Arsitektur M-Learning

1. Arsitektur M-Learning secara umum

Arsitektur di bawah ini merupakan arsitektur m-learning secara general yang menjelaskan keterhubungan antara e-learning Management System (eLMS) dan mobile learning Management System (mLMS). System ini mengijinkan untuk mengirimkan isi konten dan service-service lainya dari eLMS ke small devices melalui mLMS untuk siap di gunakan kembali. Dalam waktu yang bersamaan mLMS akan mengambil account yang unik dari mobile learners dan mobile technology

Sebelum di tampilkan ke mobile device content yang di request akan melalui proses penyesuaian dengan mobile device yang ada yaitu melalui pengadaptasian presentasi tampilan dan pengaturan content, semua ini dilakukan agar semua device kompatibel dengan content yang disediakan dari server, setelah semua proses terlewati, kemudian semua content di packaging dan dikirimkan ke mobile device memalui presentasi yang berbeda-beda, tergantung dukungan dan kemampuan mobile device tersebut dalam menangani content, presentasinya bisa berupa web browser, wap browser atau berbentuk aplikasi dan itu semua tergantung dari dukungan dan kemampuan yang di berikan oleh mobile device…..

Arsitektur M-Learning secara Umum terdiri dari 3 layer utama :

• eLMS
layer ini memiliki antarmuka yang menjadi penghubung lalu lintas data dan service yaitu WebServices Interface, WebService Interface ini memiliki 3 sub layer yang menyokong segala permintaan data dan service dari luar dalam hal ini adalah mLMS, yakni:
o Presentation Layer
o Business Logic Layer
- Content Management
- User Tracking
- User Profiles
- Semantic Indexing
o Storage (DB) Layer
- LO (Learning Objects)
- Tracking Data
- Metadata

• mLMS
Layer ini merupakan sistem yang mengelola setiap data dan service yang akan di kirim ke mobile divice atau ke WebService Interface, dalam pengelolaannya sistem ini terdiri dari 3 bagian, yakni:

o Mobile Content Managenment dan Presentation Adaption
o Packaging dan Sysnchronitation
o Context Discovery
• Mobile Device

Layer ini merupakan tempat meload data dari kontent dan service-service lainya yang telah disesuikan dengan profiles mobile device yang ada yang kemudian akan di display ke layar mobile device, untuk menampilkannya dibagi menjadi 3 media penyamapian, diantaranya adalah :

o Web Browser
Media ini compatible di generasi ke 3 (3G) dari mobile device dalam hal ini telpon selular
o Wap Browser
Media ini terdapat di hampir semua telepon selular
o Aplication
Media ini bisa digunakan disemua mobile device jika ada koneksi ke jaringan atau komputer melalui bluetooth, infra red atau kabel data

2. Arsitektur sistem Koneksi client Ke server

Client dapat memperoleh layanan data dan service dari server untuk update materi dari aplikasi yang telah ada di mobile device atau meload kontent dari web yang terkoneksi ke internet melalui operator selular dengan koneksi GPRS atu jenis koneksi yang lainya.
Selama beberapa tahun kebelakang kita sudah familiar dengan hadirnya teknologi E-Learning, seiring dengan perekembangan teknologi yang begitu pesat, kita pun sekarang dihadirkan kembali dengan adanya suatu pendekatan pembelajaran secara mobile yang kita kenal dengan M-Learning (mobile learning). Namun salah satu yang menjadi perbincangan adalah apa perbedaan antara M-Learning dan E-Learning itu dan keterkaitan hubungan diantara keduanya. Definisi komperhensif yang di sampaikan oleh Urdan dan Weggan (2000) memaparkan dengan cukup jelas antara M-Learning dan E-Learning…

mengenal Java Fx

Dengan semakin menggeliatnya persaingan sebuah kontent yang kaya dan menarik baik di dunia internet maupun mobile device semakin menarik bagi si pengembang untuk menciptakan produk produk baru, bagi anda khususnya seorang web desainer mungkin kesehariannya berkutat dengan yang namanya Ajax dan mungkin sepat frustasi di buatnya, anda mungkin boleh sedikit berpaling untuk sekedar mencoba produk baru yang diluncurkan oleh sun microsystem. Produk yang dinamakan JavaFX ini menawarkan interaktivitas, animasi dan tipe pemograman yang konsisten dengan AJAX, Flash dan teknologi Silverlight Microsoft yang baru, akan tetapi mendaya gunakan program Java yang di-instalasikan di komputer anda dan bukan JavaScript. JavaFX ini merupakan sebuah tambahan baru untuk platform Java yang menjanjikan pemakaian konsisten dari desktop ke alat-alat portabel. JavaFX ini memungkinkan RIA [Rich Internet Application] untuk tampil di layar mobile device, desktop, televisi dsb…..

Apabila pemrograman AJAX membutuhkan si pembuat untuk menguasai teknik-teknik koding, satu hal yang tidak banyak dimiliki oleh para pembuat situs web. Sun percaya bahwa JavaFX juga mengatasi masalah ini dan menargetkan JavaFX dan FX Script untuk dapat didaya gunakan oleh pemakai yang bukan programmer. JavaFX menjanjikan kreasi web yang dapat dijalankan di komputer, TV digital, TV biasa dan alat-alat portabel dan akan terlihat sama di semua platform. [udaramaya]

by. Yadi Rosadi

Peraturan & Etika Posting di Forum

A. Netiquette Umum

1. Hormatilah orang lain. Anda berinteraksi dengan orang lain, dan ia layak mendapatkan perlakuan yang pantas, seperti anda ingin diperlakukan.

2. Hindari menulis dengan ALL CAPS. Dalam netiquette, huruf kapital berarti berteriak, hindari menuliskan huruf kapital seluruhnya, gunakan seperlunya

3. Jangan membawa SARA maupun pornografi. Topik dan postingan yang menyangkut SARA dan pornografi akan dihapus tanpa pemberitahuan.

4. Detail rule tiap subforum sedikit berbeda. Mohon setiap member membaca dan mentaatinya.

5. TRADE / SALE non-original di forum ini tidak diperkenankan. karena Forum ini adalah Komunitas Sharing. hal ini termasuk yang diluar IT. Contoh : Windows bajakan, software hasil crack dll.

6. SANKSI (yang mungkin) : Peringatan dari moderator, Penghapusan topik/posting, Ban email/user sampai ban IP address.


B. Membuat Topik Baru

1. Harap lihat dimana anda hendak membuat topik baru. Harap memperhatikan Struktur forum terlebih dahulu!

2. Buat topik yang judulnya sesuai dengan isinya. Moderator akan mengunci, menghapus, memindahkan atau mengubah judul topik yang tidak "nyambung". Harap ini diperhatikan baik-baik, agar pengguna lain dapat mengira-ngira isi topik lewat judulnya. Tidak semuanya menggunakan koneksi broadband, jadi membuka topik yang tidak relevan akan membuang-buang waktu dan quota mereka.

3. Jangan membuat polling yang tidak berguna. Kami tidak mengunci fasilitas polling, agar dapat digunakan seperlunya. Pastikan kapan polling tersebut ditutup, dan apabila memang sudah tidak digunakan lagi, silahkan tutup polling atau hapus polling yang anda buat.

4. SANKSI (yang mungkin) : Peringatan dari moderator, Pemindahan topik, Penghapusan topik/posting.


C. Posting

1. Gunakan tata bahasa yang pantas, pisahkan kalimat dengan tanda koma, agar lebih mudah dipahami orang lain, jangan menulis slebor,menggunakan huruf besar kecil secara berulang (contoh : SaYa SuKa),menggantikan huruf dengan angka yang mirip (contoh :S4y4 Keny4g), selain sulit dibaca, dapat juga menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini berlaku juga untuk judul topik nya dibuat.

2. Gunakan Bahasa Indonesia yang santun. anda boleh saja mengisikan istilah bahasa asing lainnya, namun tolong dipertimbangkan tempatnya dan keperluannya.

3. Jangan menjadi one liner! Definisi one liner disini bukan hanya terbatas pada balasan yang terdiri dari satu baris saja, namun termasuk balasan yang tidak ada maknanya, atau cenderung mengejek dan hanya nyeletuk.

4. Jangan HANYA Spamming di Forum. Tidak Semua yang di Forum ini memakai Koneksi broadband. Karena Post Seperti Itu akan Memperlambat dan menghabiskan quota Mereka.

5. Jangan Menjadi Post Hunter (Mengejar Jumlah POST !!) ADMIN dan MOD dapat dengan MUDAH menurunkan Jumlah POST ANDA !! [Bila hanya ingin menambah post, disediakan subforum testing, tidak perlu nge-post hal - hal tidak penting di subforum lainnya.]

6. Gunakan kata-kata yang pantas. Kami tidak perlu menerapkan filter disini, cukup kesadarannya saja. Tetapi secara default beberapa word yang impolite aka disensor otomatis.

7. Apabila anda melakukan kesalahan pada postingan anda, silahkan ubah dengan mengklik tombol "Edit" di kanan bawah postingan. Baca sekali lagi apa yang telah anda tulis, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan flame. Terkadang mereka yang terlibat dalam flame war awalnya dikarenakan ketidaksengajaan.

8. Jangan double posting atau lebih. Kecuali bila sudah berbeda hari atau sekedar memisahkan dua info panjang yang berbeda tapi hal ini tidak anjurkan. Double post karena kesalahan koneksi masih dapat dimaafkan, tetapi jangan sering2 memakai alasan itu untuk menambah post. Termasuk alasan karena koneksi yang buruk menimbulkan 2 buah posting atau lebih. Hapuslah postingan kedua dst. dengan kesadaran anda sendiri.

9. Bila ada member atau moderator yang memperingatkan anda untuk mengubah postingan anda karena link ke site yang tidak pantas, isi yang dapat menimbulkan dampak sosial atau lain hal, segera ubah postingan tersebut sebelum moderator atau admin mengambil tindakan.

10. Demi kenyamanan tampilan dalam membuka forum setiap menampilkan gambar aslinya harus menggunakan thumbnail. Tapi jika ingin sengaja menampilkan gambar dengan ukuran besar untuk mempertegas atau memperjelas sesuatu maka batas max tiap gambar untuk bagian horisontal nya 450 pixel dan maksimal besar file 100 KB, namun hal ini tidak dianjurkan dan jangan sering melakukan menampilkan gambar besar sehingga sebaiknya gambar – gambar yang ditampilkan di thumbnail. Untuk mengetahui ukuran sebenarnya gambar anda yang ada di internet bisa dilihat dengan cara membuka gambar nya di browser lalu klik kanan pada gambar, pilih properties di situ terlihat ukuran pixelnya.

11. Quote maksimal 3 tingkat. Jangan lebih, ini akan memudahkan orang untuk membacanya. usahakan jangan meng-quote, quote user sebelumnya (jadi quote menumpuk)

12. Jangan mengeluarkan informasi IP user atau Account user sehingga mudah dibajak oleh user lain dengan alasan sentimentil. Termasuk jangan memposting nomor speedy, calling station ID dan informasi krusial anda secara terbuka di forum. Anda dapat menghubungi Administrator secara langsung apabila mengalami kendala.

13. Jika anda ingin menuliskan alamat e-mail sebaiknya gunakan format yang tidak umum demi menghindari spam. Contoh : ian151[at]students[dot]itb[dot]ac[dot]id atau ontamesir @ gmail . com

14. Dilarang memposting iklan secara terang - terangan. Kecuali sebagai bahan acuan / rekomendasi kepada member lain.

15. SANKSI (yang mungkin) : Peringatan dari moderator, Penghapusan topik/posting.


D. Flame War / Tanda-tanda Flame War

1. Flame war adalah istilah perdebatan dalam suatu topik/forum/board. Awalnya mungkin masih berupa sindir-menyindir, namun lama-kelamaan mulai caci maki, dan berakibat saling menyalahkan antar pihak. Flame war terjadi karena kedua pihak atau lebih saling tidak mau mengalah, dan mempertentangkan masalah mereka (yang kebanyakan sepele) tanpa menghiraukan lagi rambu-rambu susila dan mengeluarkan nama anggota kebun binatang dalam postingan mereka.

2. Apabila ada topik yang "Panas", jangan langsung melakukan posting. Tenangkan diri anda, coba berpikir sekali lagi, kemudian putuskan apakah anda mau terlibat dalam pembicaraan tersebut. Jangan mudah terpancing emosi, pikirkanlah dengan kepala dingin.

3. Bila anda melihat pembicaraan yang mulai panas, cobalah untuk melerai dengan tidak membela ke satu pihak atau alihkan pembicaraan ke arah yang lain. Bila adu argumen masih terus ada, hubungi administrator atau moderator, jangan ikut-ikutan membela satu pihak atau menyalahkan satu atau kedua pihak.

4. Bila anda tidak sengaja menyulut flame, atau menyebabkan orang lain tersinggung, cobalah untuk minta maaf, jangan adu argumen lagi. Kalau masalah tidak mudah diselesaikan, hubungi moderator, agar permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.

5. Ingat, setiap anda tersulut atau menyulut flame war, anda akan mendapatkan point "Buruk" dari moderator / admin. Admin dan moderator secara konstan terus memantau perkembangan board, member yang melakukan / menyulut flame war dapat diberi peringatan dan sewaktu-waktu diban dari board apabila tindakannya sudah tidak pantas lagi. Ini mungkin akan sangat jarang terjadi atau tidak akan terjadi, asalkan para member memahami betul etiket dan netiquette.

6. Hindari membuat user baru untuk dijadikan sebagai flammer atau account untuk mencaci maki user lain.

7. SANKSI (yang mungkin) : Peringatan dari moderator, Penghapusan topik/posting, Ban email/userid, Penghapusan Userid.


E. Nickname

1. Silahkan gunakan nickname yang anda sukai, namun tidak terbatas pada karakter tertentu. Gunakan karakter unicode sewajarnya.

2. Kami tidak akan mentolerir member yang menggunakan nickname untuk memalsukan diri menjadi admin, moderator, atau admin forum lain. Nickname semacam ini akan dihapus tanpa pemberitahuan.

3. Kami akan menghapus nickname yang berbau SARA, terdiri dari kata kasar, kata-kata kotor, atau anggota kebun binatang lainnya dengan maksud menghina. Ini juga berlaku bagi alamat email yang anda isikan untuk mendaftar.

4. Jangan membuat username dengan nomor speedy anda. Ingat, data - data tersebut adalah bersifat rahasia.

5. SANKSI (yang mungkin) : Peringatan dari moderator untuk mendaftar ulang, Penghapusan userid, Ban email/userid dan ban IP address.


F. Avatar

1. Batas maksimum avatar anda adalah 60x60 dengan size 10 KB. (60 pixel lebar, dan 60 pixel tinggi). Ini adalah batas maksimum. Tipe file yang diijinkan untuk dijadikan avatar hanya JPG, PNG dan GIF.
Tidak ada toleransi bagi yang menggunakan format diluar ini. Harap dimaklumi bahwa dengan menggunakan avatar yang besar, maka member lain harus meload file berukuran besar untuk melihat satu topik yang anda post/reply.

2. Gunakan kompresi JPG yang tinggi. Dengan ukuran 60x60, suatu file JPG dapat dikompresi menjadi hanya 4-8 KB saja, menjadikannya lebih kecil untuk didownload, sehingga tidak merepotkan pengguna lain yang juga sedang menggunakan

3. Anda boleh menggunakan gambar yang kalian suka asalkan tidak berbau SARA, pornografi, merendahkan orang lain, menghina suatu kelompok atau institusi tertentu. Silahkan melakukan editing gambar tersebut untuk mengurangi size, atau memperkecil ukuran filenya. Contoh: Adobe Photoshop, Paint Shop Pro, dll.

4. Avatar tidak boleh menyalahi aturan norma susila (baca: ngga boleh avatar porno). Baik objek di gambar tersebut wanita atau pria. Bagi beberapa orang, gambar semacam ini dianggap tidak senonoh dan tidak layak

5. SANKSI (yang mungkin) : Untuk ukuran avatar, Peringatan dari moderator, Penghapusan avatar. Untuk gambar avatar yang terkesan vulgar, Peringatan. Untuk avatar yang jelas-jelas porno, Peringatan, Penghapusan Avatar, kemudian Ban email/userid.


G. Signature

1. Signature boleh saja menggunakan gambar, tapi maksimum ukurannya 450x100 pixel (450 pixel lebar dan 100 pixel tinggi) dan besar filenya 50 KB.

2. Teks pada signature maksimum 4 baris dan tidak diperkenankan mengandung SARA, atau hinaan terhadap pihak lain.

3. Ukuran font signature tidak diperbolehkan melebih ukuran font posting, karena orang lain akan sulit fokus ke isi posting. Penggunaan font formatting seperti bold, italic, underline dan pewarnaan pada font diperbolehkan.

4. DILARANG menggunakan signature yang berisi iklan2 Tentang TRADE / SALE non-ori termasuk trade / sale barang hasil kejahatan virtual.

5. SANKSI (yang mungkin) : Peringatan dari moderator untuk menghapus signature, Penghapusan signature, Penghapusan userid.


H. Daftar Admin dan Moderator

1. Admin Komunitas Open Source Speedy yang terdaftar pada forum adalah : onnowpurbo, lokopolo, ian, pandai_web dan dataandria. Perhatikan ejaan dan spasi yang digunakan. Status Administrator akan melekat di setiap postingan yang dia buat dan statusnya tidak disembunyikan, sehingga kalian dapat membedakan dengan user biasa, dan melihatnya aktif saat mengunjungi forum.

2. Moderator yaitu onta_mesir, abdi_wae dan AdeldiaN berkedudukan sebagai wakil dari admin, kalian juga dapat melihatnya aktif saat mengunjungi forum

3. Apabila anda menemukan indikasi member atau orang lain yang menyamar sebagai admin/moderator dan mengatasnamakan mereka, harap melaporkannya ke Admin dengan menggunakan fitur private messages.


I. Tugas & Tanggung Jawab Moderator

1. Wajib Login saat mengunjungi board

2. Wajib mengambil tindakan jikalau terdapat hal-hal yang tidak diinginkan (mengenai ini akan dijelaskan kemudian)

3. Wajib melaporkan peristiwa-peristiwa penting atau keadaan kacau/flame war di forumnya kepada admin/owner.

4. Dilarang melakukan spamming di forum.

5. Meluruskan topik apabila mulai keluar jalur.

6. Tidak boleh terlibat dalam flame war atau berpihak pada satu sisi. Dengan kata lain, Moderator harus netral dan menghentikan upaya flame agar tidak berlanjut.

7. Aturan umum membership juga berlaku ketat untuk moderator, ngga boleh bikin flame, ngga boleh menyebarkan link yang tidak diizinkan admin, ngga boleh kasar.

9. Bahasa indonesia yang baik dan benar dianjurkan dengan maksud memperjelas maksud dari posting

10. Moderator bersedia dihentikan oleh Admin dengan alasan yang jelas (terutama karena moderator melakukan tindakan yang tidak diperbolehkan di bawah), dan selanjutnya dapat diangkat kembali, atau dipindahkan tugasnya ke subforum lain.


J. Wewenang Moderator

1. Moderator dapat mempunyai Title sendiri, ukuran avatar yang lebih besar dan signature yang lebih besar. untuk menggantinya, harap lapor ke admin

2. Memindahkan post yang kurang pas dari forumnya ke forum lain

3. Moderator berhak menentukan aturan di sub-forum yang dimoderasi dengan persetujuan admin

4. Berhak menegur member yang dirasa melakukan tindakan tidak pantas (seperti dijabarkan diatas) tentunya dengan sopan dan tidak memanas-manasi

5. Menghapus double post

6. Mengunci topik apabila dirasa sudah menjadi panas atau tidak benar (melenceng jauh dari topik)

7. Memberi masukan tentang status warn member dengan alasan yang jelas


K. Good Reputation dan Bad reputation

1. Forum ini menerapkan sistem GRP dimana user yang telah memiliki jumlah posting diatas 100 dapat memberikan good reputation terhadap member lain.

2. Apabila terdapat user yang menyalahi aturan dan memberikan posting yang tidak relevan, anda juga dapat memberikan bad reputation apabila telah memiliki posting diatas 500.

3. Fitur GRP juga dapat dimanfaatkan untuk berterima kasih kepada member yang dengan postingannya dapat membantu masalah anda dan menambah pengetahuan anda.


I. Sistem Warning bagi member oleh Admin atau Moderator lewat PM

1. Member yang sangat banyak melanggar rule terutama sering melanggar rule yang cukup meresahkan akan terkena warning langsung dari admin atau global moderator jika setelah diperingatkan terus menerus

oleh mod tidak menggubris.

2. Tingkatan warning adalah 1-5

3. Jika member telah di warning sampai level 3 maka fungsi avatar akan dimatikan dan jika sampai level

5 maka akan diban sementara atau akan dihapus account nya dari KIOSS dengan dipertimbangan dulu oleh admin dan mod.

4. Tingkatan level warning akan dibilang turun atau naik bagi member yang melanggar akan diberitahu oleh Admin atau Mod lewat PM

---------------------------------------------------------------------------
Salah satu cara membuat thumbnail

1) misal ada file gambar dengan link
http://i23.photobucket.com/albums/b382/ … l2-092.jpg dengan ukuran gambar 978 x 1280 pixels

2) Save gambar tersebut kemudian edit ulang dengan pengolah gambar sampai batas aturan atau lebih kecil sedikit lebih baik

3) lalu upload ulang biar cepet bisa lewat

www.imageshack.us

choose image lalu upload

hasilnya ambil yang paling bawah

http://img474.imageshack.us/img474/3268 … 9214ey.jpg

lalu buat format penampilan gambar di forum yang ada di dalam code seperti ini ketika posting

Code:

[url=http://i23.photobucket.com/albums/b382/ian151/Cute_Girls/Cute%20Girls%202/digital2-092.jpg][

IMG]http://img474.imageshack.us/img474/3268/digital209214aw.jpg[/IMG][/url]

4) Jika tidak mo susah maka simpan gambar anda yang asli lalu upload
lewat

www.imageshack.us / www.tinypic.com

lalu choose, upload, lalu pilih yang Hotlink for forums (1) untuk format penampilan gambar di forum

Sebelum fitur Image hosting benar - benar diluncurkan, gunakanlah cara ini .
smile
5) Intinya ini demi kebaikan bersama biar masing-masing anggota enak melihat forum ini .......... mohon kerjasama anda semua.


Peraturan dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.



Sumber : Komunitas Indonesia Open Source "KIOS"
Asuhan : Dr. Ono W. Purbo
http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=15

Mengenal Web 2.0

Internet
Dunia internet seakan-akan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern saat ini. Betapa tidak, karena internet secara lengkap menyediakan kebutuhan akan informasi, berita, serta ilmu pengetahuan. Dengan internet seolah-olah tidak ada lagi batasan antar ruang dan waktu dalam berkomunikasi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia. Sebagai konsumen dari teknologi web tentunya mengharapkan tampilan layar yang mengasyikan serta mudah dipakai dan dimanfaatkan. Pada dasarnya web merupakan suatu kumpulan hyperlink yang menuju dari alamat satu ke alamat lainnya dengan bahasa HTML (HyperText Markup Languange).

Teknologi AJAX

Dalam pengaplikasian web HTML tidak mungkin sendiri dalam membuat suatu desain yang benar-benar bagus. Oleh karena itu HTML selalu ditemani oleh CSS (Cascading Style Sheet) untuk mempercantik desain, JavaScript untuk membuat tampilan yang dinamis, dan XML (eXtensible Markup Language) yang digunakan untuk mendefinisikan format data . Teknologi penggabungan dari JavaScript dan XML saat ini yang marak disebut dengan AJAX (Asynchorous JavaScript And XML) yang menekankan pada pengelolaan content dalam website.

Perkembangan Web 2.0

Inovasi dalam dunia web semakin hari kian mengalami perkembangan yang berarti, ini dibuktikan dengan adanya Teknologi Web 2.0 yang dikembangkan sekitar tahun 2004. Walaupun sudah termasuk lama kedengarannya oleh para praktisi web, namum sebagian besar mereka masih bertanya-tanya tentang fungsi dan kegunaannya. Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan tentunya AJAX.

Perkembangan web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah website. Dalam perkembangannya Web 2.0 diaplikasikan sebagai bentuk penyajian halaman web yang bersifat sebagai program desktop pada umumnya seperti Windows. Fungsi-fungsi pada penerapannya sudah bersifat seperti desktop, seperti drag and drop, auto-complete, serta fungsi lainnya. Aplikasi Web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang canggih dari sisi user. Tidak mengherankan bila suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Software tersebut misalnya software pengolah kata (seperti MS Word) atau software pengolah angka (seperti MS Excel).

Teknologi ke depan suatu software berbasisi web tidak lagi dijual melainkan suatu fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap waktu. Permasalahan manajemen file juga tidak merepotkan, bahkan file dapat disimpan dan juga dapat di-sharing dengan user lain. Implementasi dari teknologi Web 2.0 dapat dilihat pada aplikasi sprearsheet pada Google yang merupakan aplikasi untuk operasi mengolah angka seperti MS Excel. Aplikasi ini dapat dilihat pada http://spreadsheets.google.com/ , tentunya aplikasi tersebut membutuhkan suatu akun Google untuk memasukinya.

Suatu web 2.0 biasanya digunakan sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software, mengilustrasikan setiap produsen software tidak lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Karena web menjadi platform, pengguna cukup datang ke website untuk menjalankan aplikasi yang ingin mereka gunakan. Hasil dari pengembangan fitur di dalam software dapat langsung dirasakan oleh pengguna. Software tidak lagi dijual sebagai produk namun berupa layanan (service).

Karakteristik Web 2.0

Kemudahan berinteraksi antara user dengan sistem merupakan tujuan dibangunnya teknologi Web 2.0. Interaksi tersebut tentunya haruslah diimbangi dengan kecepatan untuk mengakses, oleh karena itu diperlukan suatu bandwith yang cukup untuk loading data. Loading data tersebut dilakukan saat pertama kali membuka situs, data-data tersebut antara lain CSS, JavaScript, dan XML. Salah satu karakteristiknya adalah adanya dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide akan web service atau RSS. Ketersediaan RSS akan menciptakan kemudahan untuk di-remix oleh website lain dengan menggunakan tampilannya masing-masing dan dukungan pemrograman yang sederhana. Adanya kemajuan inovasi pada antar-muka di sisi pengguna merupakan karakter dari Web 2.0. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript, dan XML pada Yahoo!Mail Beta dan Gmail membuat pengguna merasakan nilai lebih dari sekedar situs penyedia e-mail. Kombinasi media komunikasi seperti Instant Messenger (IM) dan Voice over IP (VoIP) akan semakin memperkuat karakter Web 2.0 di dalam situs tersebut.

by. http://asihwinantu.wordpress.com/

Dalam beberapa kesempatan saya sering melihat seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari google yang berhubungan dengan cara chatting di yahoo messenger. Saya juga mengetahui bahwa mereka sering kali tidak mendapatkan info atau penjelasan yang diinginkan dan malah kesasar ke artikel saya yang berkaitan dengan yahoo messenger tetapi bukan merupakan info untuk pemula. Untuk itulah saya berfikiran bahwa perlu kiranya saya menuliskan sedikit pengantar mengenai cara-cara chatting di yahoo messenger kepada para pemula chat.

Langkah pertama yang anda para pemula lakukan untuk memasuki dunia yahoo messenger adalah adanya koneksi internet yang memungkinkan anda memasuki dunia maya. Tidak mungkin anda mampu chatting jika tidak memiliki fasilitas koneksi internet ini.

Kedua. Anda juga memerlukan software yahoo messenger yang terinstal dengan baik dalam komputer anda. Atau kalau anda melakukan koneksi lewat warung internet atau warnet anda harus mencari software ini apakah sudah terinstal atau belum. Saya kira sangat jarang warnet yang tidak menyediakan software ini pada layanan mereka. Kalau kebingungan silahkan download software chat client yahoo messenger di sini. Dalam link tersebut terdapat beberapa versi yahoo messenger, versi lama (6 atau 7), versi 8 dan versi 9. Ada juga versi vista. Saya sarankan pilih yang versi 8.

Biasanya sortcut yahoo messenger sudah terpampang di layar komputer dekstop anda. Klik dua kali atau klik kemudian tekan enter untuk masuk menjalankan software ini. Untuk pengetahuan yang lebih lanjut anda bisa menggunakan software-software chat (chat client) yang lainnya selain yahoo messenger.

Ketiga. Setelah melakukan langkah kedua anda kemudian akan dihantarkan pada sebuah windows yang berdiri tegak disebelah kanan (ini biasanya) yang bertuliskan Yahoo! Messenger lengkap dengan icon smile kuning yang tertawa lebar dengan mulut merahnya. Disitu anda bisa lihat ada kolom dengan tulisan Yahoo ID dan Password. Nah apa perlunya Yahoo ID ini beserta passwordnya. Yahoo ID adalah sebuah identitas atau mungkin bisa dikatakan adalah roh atau tubuh kamu yang akan memasuki sebuah dunia baru. Layaknya sebuah masyarakat anda harus memiliki tubuh beserta identitas yang dikenal oleh masyarakat atau komunitas tersebut agar dapat memasuki dan melalang buana didalamnya. Untuk itu anda juga memerlukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu agar dapat menjalankan identitas anda di dunia yahoo messenger.

Yahoo ID dapat anda peroleh melalui pendaftaran lewat Get a new Yahoo! ID, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Anda juga bisa menggunakan alamat email anda untuk memasuki dunia Yahoo Messenger. Tentunya dengan catatan alamat email anda tersebut adalah email yang beralamat di yahoo. Entah itu xxx@yahoo.com , xxx@yahoo.co.id, xxx@yahoo.us atau yang lain sebagainya. Cukup gunakan alamat awal saja tanpa diikuti @yahoo.com jika anda ingin memasuki dunia yahoo messenger. Password yang anda gunakan sama dengan password email anda. Akan tetapi saya sarankan untuk membuat ID baru dan password baru karena sangat riskan menggunakan ID dari email yahoo anda.

Jika bingung silahkan clik link berikut untuk daftar atau Buat Yahoo Messenger Account atau ID:

Click untuk Daftar atau Buat ID Yahoo Messenger

Keempat. Anda masukkan ID yahoo anda dan passwordnya pada tempatnya kemudian tekan enter. Tunggu beberapa saat sampai anda masuk ke dunia yahoo (ditandai dengan perubahan windows yahoo messenger anda. Jika tidak bisa maka ulangi beberapa kali sampai bisa masuk. Jika tidak bisa cek koneksi anda atau cek software yahoo messenger anda.

Kelima. Untuk mencari teman, anda harus masuk ke chat room atau anda bisa melakukan Instans Message jika telah mengenal ID teman anda. Cara masuk ke chat room maupun cara menggunakan instans message bisa dilihat diartikel saya yang lain. Jika ada permintaan atau pertolongan silahkan ketikkan komentar dibawah ini sehingga bisa ada yang menolong kesulitan anda (dan ini tidak harus saya, bisa juga temen-temen yang lain).

Cara masuk Chat Room

Yahoo Messenger >> Messenger >> Yahoo Chat >> Join a Room >>

Tunggu sampai list roomnya muncul kalau gak muncul tutup windows tersebut dan ulangi lagi langkah diatas sampai muncul..

Kalau mau nge-room di Room Regional [ klik tanda + jangan namanya]

Klik Regional >> Indonesia >> Yogyakarta >> Yogyakarta:20

Pilih salah satu dari list room Yogyakarta yang tersedia. Klik tanda + di sebelah kiri Yogyakarta(128)[w2], untuk melihat Room Yogyakarta yang tersedia. Catatan (128) merupakan indikasi bahwa ada sebanyak 128 Username atau ID di Regional Yogyakarta. Sedang [w2] mengindikasikan ada sebanyak 2 ID yang memasang webcam. Setelah itu klik aja 2x Room yang pengen anda masuki atau Klik Go to Room

Sebelum masuk room anda biasanya dikasih window baru. Klik Enter aja kalau udah selesai lodingnya.

Untuk yang pertama kali masuk room, musti ikuti link verivikasi om yahoo. Liat Gambar Di Bawah ini yang ada tulisan http://captcha…dst. Nah klik aja link tersebut dan Jangan Tutup Windows ChatRoom Tersebut!. Hal ini dibutuhkan karena sekarang membutuhkan verivikasi untuk bisa masuk room.. Jika anda telah mengklik link tersebut, biasanya secara otomatis akan dibukakan browser Internet dengan alamat yang dimaksud. ikuti petunjuknya.. dan cling anda bisa masuk ke room.

Jika sudah dihantarkan ke Page Internet Browser yang terdapat code Verifikasi Captcha. Masukkan kodenya dan klik Submit.

Jika anda melakukan apa yang saya perintahkan secara benar maka di Chat Room akan terlihat tulisan sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

Selamat!! Anda sudah siap untuk Chatting di Chat Room. Untuk Tutorial lebih lanjut serta software-software yang dibutuhkan di yahoo messenger silahkan kunjungi Free Yahoo Tools | MessengeRoo | MessengeRedia |

Tambahan: Jika anda mendapati pesan “This Request was Refused“, anda perlu memastikan tanggal lahir anda terlebih dahulu, jika umur anda kurang dari 18 Tahun maka kemungkinan error ini terjadi karena anda belum cukup umur. Error ini juga bisa muncul jika anda melakukan kegiatan yang di anggap illegal oleh Yahoo semisal spamming, booting dll. Solusinya, Ubah tanggal lahir anda sehingga jadi 18 tahun keatas, atau buat ID baru dengan umur 18 tahun keatas.

Mohon pertolongannya ya temen-temen
Semoga bermanfaat

Haqiqie Suluh

Link Tulisan Terkait:

01. Tips dan Trik (Tutorial) Menggunakan Y Intai…
02. Daftar Nama-nama Software Boot Yahoo Messenger
03. Room Adu Kekuatan Boot dan Anti Boot…
04. YSniff-Yahoo Messenger Chat Sniffer…
05. Membuat ID Boot (Bot) Yahoo Messenger
06. Kenapa Sebuah Chat Room Bisa Menghilang? Tip dan Trik mengatasinya
07. Lock Chat Room Yahoo Messenger / Destroy Room
08. Iklan Yahoo Messenger yang Menyebalkan…
09. Dunia Chat di YM (Yahoo Messenger): YM Boot dan Anti Boot
10. Daftar situs-situs web Boot dan Anti Boot Yahoo Messenger

Sumber : http://haqiqie.wordpress.com/2007/08/24/belajar-chat-cara-di-yahoo-messenger-untuk-pemula-langkah-langkah-yang-diperlukan/

Pengikut