HOME NEWS MASTEL ICT CLINIC TIK GORONTALO E-DUKASI
sekolah gratis


Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Pengenalan Hot Spot

Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

Apa yang dapat dilakukan dengan Hotspot ?

Dengan berbekal sebuah Lap Top, atau PDA kita juga dapat melakuka aktivitas seperti Browsing, Chatting/teleconfrence, Emailing, Belajar on line, Bekerja On line, menyimpan dan mengirim data on line, Belanja On line, Cari teman/pacaran On line, Bloging dan lain-lain. Pendek kata apa yang dapat dilakukan dengan jaringan internet di kantor dapat pula dilakukan pada Hotspot.

1. Chatting/Teleconference

Teknologi ini memungkinkan pengguna internet melakukan komunikasi dengan sesama pengguna internet diseluruh dunia secara interaktif, bukn hanya komunikasi dalam bentuk teks tetapi juga Voice dan audio visual, dengan demikian Netter dapat melangsungkan rapat On line ( Teleconfrence). Kita bisa menggunakan Yahoo, mIRC, MSN atau mesin Chatt lainnya.

2. Telepon dengan VoIP

Voip adalah Voice Over Internet Protocol yaitu suatu teknologi komunikasi suara yang menggunakan jaringan internet sebagai mediumnya. Standar VoIP sangat banyak sekali seperti SIP, H.323, MGCP, RTP, OSP, dan lain sebagainya. Saat ini standar yang paling banyak digunakan di dunia adalah standar voip SIP.

Teknologi VoIP memungkinkan pengguna internet saling berkomunikasi dengan sesama pengguna internet dengan biaya yang sangat murah, Kita dapat mendaftarkan diri sebagai member pada server yang menyediakan layanan VoIP gratis misalnya pada Voiprakyat www.voiprakyat.or.id, atau Voip Marsinah / VoMa : http://voip.marsinah.com, pengertian gratis disini artinya kita tidak perlu membayar biaya pulsa telepon, cukup hanya membayar biaya koneksi internetnya sajaiakan layanan VoIp. Di Indonesia terdapat layanan VoIp gratis yang disediakan oleh .

3. Navigasi On Line

Dengan bantuan Google Earth ( http://earth.google.com/ ), atau Wikimapia (http://www.wikimapia.org/ ), seorang pengguna Hotspot dapat mengintip seluruh belahan dunia seolah sedang berada di pesawat luar angkasa, selain itu jika digabung dengan teknologi GPs yang saat ini sudah banyak ditanam dalam Notpad ataupun Phonsel akan memberikan manfaat yang angat besar sebab dapat dipergunakan untuk mencari petunjuk posisi dirinya saat itu dalam keadaan yang sebenarnya.

4. Bekerja On Line

Mengolah data, menulis e-mail, membuat laporan atau berbagi file dengan rekan kerja ataupun rekan bisnis tak lagi terikat oleh ruang atau komputer kantor, dimanapun berada kita dapat melakukan semua aktivitas tulis menulis ataupun mengolah data. ada beberapa aplikasi pengolah kata dan pengolah data On line yang dapat dimanfaatkan dengan cuma-cuma alias gratis antara lain :

1. Ajax 13 : berupa aplikasi pengolah kata, pengolah data/spreadsheet, Viewer, yang bisa dilihat di www.ajax13.com

2. Google Docs & Spreadsheet : berupa aplikasi pengolah kata, pengolah data/spreadsheet, yang bisa dilihat di https://www.google.com/accounts/ServiceLogin

3. Thinkfree Office Online : berupa aplikasi pengolah kata, pengolah data/spreadsheet, dan Presentasi, yang bisa dilihat di www.thinkfree.com

4. Zoho Office Suite : berupa aplikasi pengolah kata, pengolah data/spreadsheet, aplikasi ini mendukung format Word, PDF, RTF, Text, HTML, SXW (starOffice), dan ODT (Openofice), yang bisa dilihat di www.zoho.com

sumber : http://centersma.multiply.com

0 komentar

Pengikut