HOME NEWS MASTEL ICT CLINIC TIK GORONTALO E-DUKASI
sekolah gratis


Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Program Promo Microsoft untuk Warnet


Program Promo Microsoft untuk Warnet (I-Cafe) berlaku sampai 15 Juni 2009

Paket terdiri dari :

Microsoft Windows Vista Business -------($48)
WinVistaBsnss SNGL OLP NL Rental ----($4)
Microsoft Office Pro Plus 2007 ----------- ($20)
OfficeProPlus SNGL OLP NL Rental ----- ($4)

Total harga lisensi / pc = $76


Dalam 1 warnet minimal mesti ada 1 paket Media CD untuk digunakan menginstall.

Media CD - Vista Business / Win XP Pro ----($30,8)
Media CD - Ms Office Pro Plus 2007 ---------($30,8)

Total harga Media CD / warnet = $61,6

Permintaan paket minimal untuk 5 lisensi, berikut ini contoh total biaya yang diperlukan untuk pembelian 10 lisensi MS Windows + Office 2007

= ($76 x 10) + $61,6

= $821,6

Ada pilihan bila kelak ingin memiliki Windows 7 secara gratis maka harga Software Assurance (Windows) / pc = $95 -> tidak diharuskan.


------------------------------------------------------------------------------------------------------

I-Café Frequently Ask & Questions 2009

Q: Apa yang Anda dapatkan melalui PROGRAM KHUSUS INI?
  1. HARGA KHUSUS, untuk Warnet untuk Lisensi Open (Microsoft Windows dan Office)
  2. RENTAL RIGHTS, yang memberikan warnet hak untuk menyewakan
  3. GRATIS aplikasi bisnis & marketing dan sistem managemen untuk software
  4. GRATIS konten Microsoft Digital Literacy, Basic Computer, Internet dan video tutorial Office 2007
  5. GRATIS Microsoft Warnet Toolkit
  6. TOOLS yang membantu warnet untuk mendapatkan informasi dan inovasi kreatif untuk mengembangkan usaha secara menguntungkan.
  7. SOFTWARE LEGAL untuk melindungi warnet dari resiko penegakan hukum
  8. BANYAK lagi yang lainnya…
Q: Apa yang dimaksud Marketing Program WARNET?
Program Microsoft untuk WARNET menyediakan harga khusus yang dibuat untuk WARNET Indonesia. Program ini dibuat secara khusus dengan tujuan untuk membantu warnet dapat mengembangkan usaha, menjadikan warnet sebagai tempat yang lebih aman bagi pengguna dan dipahami sebagai lembaga usaha yang mematuhi ketentuan hukum yang berlaku. Program ini dijalankan sebagai salah satu program Unlimited Potential Microsoft yang berupaya untuk memperbesarkan kesempatan untuk bagi masyarakat untuk mendapatkan dan mengakses teknologi secara terjangkau. Microsoft melihat warnet sebagai partner yang tepat untuk menjalankan misi ini.

Q: Apakah jika saya bukan WARNET boleh ikut dalam program ini?
TIDAK, program ini khusus untuk Warnet dan bukan untuk segmen lain seperti perusahaan.

Q: Jika saya belum terdaftar atau ikut dalam program MSRA sebelumnya, apakah saya berhak ikut dalam program ini?
Silahkan mendaftarkan diri di www.warnetlegos.com dan berikan dokumen yang membuktikan bahwa Anda usaha Anda adalah warnet (KTP, ijin usaha atau rekening listrik/telpon) dan setelah melalui proses validasi oleh pihak ketiga (on-site check) maka konfirmasi Anda berhak atau tidaknya akan diberikan melalui email.
Berdasarkan konfirmasi email tersebut, maka Anda dipersilahkan untuk memproses pembelian melalui reseller yang telah ditunjuk. Informasi tentang reseller lengkapnya terdapat di www.warnetlegos.com

Q: Jika saya sudah ikut dalam program MSRA dan MSRA saya belum expired, apakah saya boleh ikut dalam program ini?
Boleh dan tentunya dipersilahkan untuk melengkapi kebutuhan software Microsoft lain yang masih belum lengkap, misalnya kebutuhan Microsoft Office.

Q: Jika saya saat ini hanya memiliki legal OS, tetapi belum memiliki legal Microsoft Office, dapatkah saya hanya membeli pake Microsoft Office?
Ya, Anda dipersilahkan untuk melengkapi kebutuhan Microsoft Office Anda

Q: Jika saya sudah ikut MSRA dan sudah memiliki Rental Rights, apakah saya harus mengganti Rental Rights saya sekarang?
Ya, kami sangat menyarankan Anda untuk memanfaatkan kesempatan mendapatkan program khusus ini dan melengkap kebutuhan Microsoft software Anda

Q: Saya sudah ikut MSRA dan ingin tetap menggunakan MSRA. Bagaimana cara memperpanjang MSRA?
Program ini dilengkapi dengan Rental Rights, yang merupakan pengganti dari MSRA. Anda tetap dapat menggunakan MSRA selama masa berlakunya, tetapi setelah itu anda harus beralih ke program ini. Program ini memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan MSRA. Selain itu, proses pengajuan MSRA baru telah berakhir pada 30 Maret 2009.

Q: Lisensi apa yang diberikan Microsoft melalui Program Paket KHUSUS Warnet ini?
Open License, dimana pembelian minimal untuk 5 (lima) lisensi baik untuk OS dan Office Q: Untuk system Operasi & Office versi apa yang diberikan? Windows Vista Business dan Microsoft Office Professional Plus 2007

Q: Warnet kami tidak menggunakan Vista, bolehkah kami menggunakan Windows XP Pro?
Boleh, Windows Vista Business memberikan hak down-grade untuk menggunakan Windows versi di bawahnya (downgrade hanya ke Windows XP Pro)

Q: Bagaimana dengan downgrade Microsoft Office Pro Plus 2007?
Office Pro Plus Rental Rights hanya mencakup Microsoft Office 2007

Q: Bagaimana jika saya berniat membuka warnet baru, apakah saya boleh ikut dalam program ini?
Jika Anda membeli computer baru maka Anda diharuskan membeli computer beserta software yang legal (bundling) dan selanjutnya Anda dipersilahkan untuk ikut dalam program khusus kami ini untuk melengkapi Rental Rights Agreement dan ikut dalam program Marketing untuk Warnet.

Q: Jika saya tidak bersedia ikut dalam program Marketing Agreement, apakah saya masih bisa mendapatkan harga Khusus?
Melalui program paket KHUSUS Warnet ini kami memberikan harga KHUSUS dan sekaligus berbagai tools gratis termasuk konten-konten digital literacy dan aplikasi developer gratis seperti SQL Server Express, Visual Studio, Silverlight dan aplikasi gratis lainnya seperti Billing & Metering Tools, Steady State dan lain-lainnya yang dibuat secara khusus dengan tujuan untuk membantu warnet dapat mengembangkan usaha, menjadikan warnet sebagai tempat yang lebih aman bagi pengguna dan dipahami sebagai lembaga usaha yang mematuhi ketentuan hukum yang berlaku.

Q: Sampai kapan program ini berlaku?
Program ini masih merupakan bagian dari “pilot project” Microsoft Indonesia. Penawaran ini berlaku sampai dengan 15 Juni 2009.

Q: Dana yang saya miliki terbatas, apakah saya bisa mengatur pembelian saya dalam 2 atau 3 kali pembelian?
Program ini telah dirancang dengan memperhatikan masukan yang diberikan warnet di Indonesia dalam 2 tahun terakhir, dan penawaran harga yang diberikan merupakah harga sangat khusus. Kami menyarankan untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini, karena warnet hanya dapat melakukan 1 (satu) kali pembelian saja.

Q: Saya ingin mengikuti program ini, saya harus menghubungi siapa?
Anda dapat menghubungi Authorized Reseller kami yang tercantum di www.warnetlegos.com

Untuk wilayah Gorontalo, pemesanan maupun info lengkapnya kirimkan email ke
ictclinic@yahoo.com atau firman@gorontalocomputer.com

2 komentar

  1. Anonim  

    30 Mei 2009 pukul 19.30

    Wah, microsoft memang sering bikin sensasi. Gw ga bakalan tergiur, udah jera dengan berbagai programnya Microsoft.
    Sekedar saran mas, Lanjutin aja promosi Linux dan program Open Source. Ga usah diposting iklan2 apapun dr microsoft.
    Biar gratis sampe liang lahat gw gak bakalan yakin.
    By. EDH'OS

  2. Anonim  

    30 Mei 2009 pukul 20.02

    saya yang lagi bisnis buka warnet.

    sempat tertarik juga untuk beli promo tersebut tetapi walaupun dikatakan hemat harganya tetap bikin leher tercekik apalagi kelas warnet kampungan seperti saya,

    beli xp home edition yang asli untuk warnet malah ribet banget, banyak sekali harus regristrasi dan tetek bengek yang lainnya, akhirnya lebih mudah pakai bajakan.

    dan yang lebih mudah lagi ternyata menyuap polisi yang mensweping jauh lebih murah daripada harus beli “mikocok” atau "mokrosoe" yang asli.

    gw sepaham ma EDH'OS, Lanjutin aja promosi Linux dan program Open Source. Ga usah diposting iklan2 apapun dr microsoft.

    by. TAHEDE

Pengikut