HOME NEWS MASTEL ICT CLINIC TIK GORONTALO E-DUKASI
sekolah gratis


Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Kunci sukses dual boot Windows-LINUX

Alasan saya membuat tulisan ini adalah untuk memberikan sedikit pencerahan bagi rekan-rekan yang baru ingin belajar Linux. Teman-teman saya bilang, “Buat apa pakai linux, toh Windows lebih powerfull daripada Linux!”, jika ditilik lebih jauh sebenarnya masalahnya adalah takut kehilangan data, takut tidak bisa booting (baik ke windows ataupun ke linux) dan lain sebagainya. Tapi janganlah takut menghadapi hal-hal mengerikan seperti di atas, kunci utama sukses dual boot adalah pada peletakkan partisi, disini saya akan menjelaskan sedikit bagaimana membuat partisi yang aman dan sukses melakukan dual boot windows-linux. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Installah windows terlebih dahulu untuk mempermudah proses pembuatan partisi, saya menggunakan partition magic versi 8.

2. Buatlah partisi kosong dengan norton partition magic atau program sejenisnya, format partisi harus ext2 atau ext3, jangan format dengan NTFS karena nanti anda akan bingung pada saat membuat partisi ketika instalasi linux. Buat partisi untuk linux kira-kira 10GB untuk versi linux terbaru.

3. Mulailah instalasi linux, jadikan 1st boot adalah pada cd room, ubah setingan di BIOS. ikutilah tahapan instalasi sampai anda dihadapkan dengan pilihan mempartisi hardisk, pilih custom partitioning, jangan use entire disk, jikalau anda memilih use entire disk partisi windows anda juga akan dihapus! (pilihan ada pada anda)

4. Anda akan dihadapkan dengan program diskdruid pada linux, yang harus anda lakukan tinggal menyiapkan partisi sebesar 10GB tadi untuk diisi oleh linux, saya anjurkan jika anda tidak ingin pusing-pusing buatlah 3 partisi saja, /(root),/usr,swap. partisi root setlah sebesar 800 MB, swap set dengan besar 2x ram yang anda miliki (jika RAM anda sebesar 512, setlah swap menjadi 1024. lebih besarsedikit tidak apa2). Untuk /usr berikan size yang cukup besar karena partisi inilah yang akan memuat paket program yang hendak anda pilih di tahap selanjutnya.

5.Lanjutkan proses instalasi, tunggu sampai installer linux menyuruh anda untuk melakukan reboot, terakir reboot komputer anda dan anda akan siap mulai bekerja dengan linux!

selamat belajar dan mencoba!

0 komentar

Pengikut