HOME NEWS MASTEL ICT CLINIC TIK GORONTALO E-DUKASI
sekolah gratis


Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Panduan Instalasi Ubuntu 8.04

Berikut adalah cara menginstal ubuntu 8.04 yang saya pasang di Acer aspire 4315 dengan 2OS, M$ WDE bersanding dengan Ubuntu 8.04

Langkah 1: Siapkan CD Installer Ubuntu 8.04 LTS, kalau belum ada Download Ubuntu 8.04 Desktop ISO image, bisa di dapat di Kambing, (bagi yang mendownload) Burn ISO image yang telah selesai di download, kalau kamu menggunakan OS Redmond bisa menggunakan Nero, Power ISO, atau CD Burner XP, bagi yang pakai linux desktop KDE bisa menggnakan K3B, yang penting file ISO imagenya dibakar di CD blank :)

Langkah 2: Masukkan CD Installer Ubuntu 8.04 ke CD Rom/ Rom Drive, lalu restart PC atau Notebook kamu, kemudian Pilih Bahasa yang ingin kamu gunakan, saya sarankan pakai bahasa default installer yaitu English (soalnya agak bingung pakai kata-kata teknik yang “di Indonesiakan” agak bingung kalau harus mengerti “papan bilah = toolbar, unduh=download, dan sebagainya :)

memilih bahasa yang digunakan

Langkah 3: kemudian pilih “install Ubuntu” yang berada di baris kedua opsi penginstallan, lihat gambar

pilih install ubuntu

Langkah 4: tunggu CD installer Loading sampai selesai lalu

loading

pilih bahasa yang ingin digunakan selama instalasi, pilih aja di bagian kiri dari jendela, lalu klik “forward”

bahasa
Langkah 5: pada layar selanjutnya akan muncul Peta dunia, tentukan lokasi dimana kamu berada, dan ini akan menentukan Jam dan Tanggal komputer kamu, pilih Jakarta untuk WIB, Makassar untuk Wita, dan Jayapura untuk WIT, klik “forward”

lokasi
Langkah 6: memilih keyboard, secara default keyboard akan memilih US. english, dan mayoritas keyboard komputer yang beredar di Indonesia menggunakan Layout ini, kalau masi belum yakin boleh mencoba mengetikkan beberapa tombol di bar yang telah disediakan di agian bawah layar, setelah yakin klik “forward”

keyboard

Langkah 7: langkah berikut ini biasanya menjdi momok bagi yang baru nginstall linux, karena kalo salah klik bisa memformat Hardisk kita, dan kita tahu apa akibatnya :) jadi sebelum melakukan instalasi Back-Up lah data2 penting anda ke DVD atau FD atau HD external, yang pasti musti di back-up,

pilihan partisi
pada layar ini akan muncul 3 opsi yaitu:
1. “Guided - resize the partition and use the freed space”: kalau kamu memiliki OS Redmond (Micro$oft Windoooz) dan masih ingin tetap terinstall di Hardisk kamu maka pilihlah opsi ini.

2. “Guided - use entire disk” : Kalau Hardisk kamu baru, atau ingin menghapus semua OS yang sebelumnya terinstall dan data-data didalamnya, maka pilihlah opsi ini

3. “Manual” : ini opsi yang paling sering saya pakai dalam instalasi Linux, opsi ini dipilih jika tidak ada OS yang sebelumnya terinstall, dan tidak ada data penting, sama seperti opsi kedua, namun opsi ketiga ini kita bebas menentukan besaran (kapasitas) hardisk yang ingin kita gunakan: bagi yang ingin menggunakan opsi ini harap mengikuti panduan berikut:

a. membuat partisi root

  • pilih partisi di hardisk tertentu yang akan dipakai untuk Ubuntu yang baru akan diinstall, klik “delete partition” maka akan partisi tersebuta akan menjadi ” free Partition”
  • untuk hardisk baru yang beum diformat maka akan secara default menjadi “free partition”
  • lalu pilih partisi tersebut dan klik “New Partition” untuk membuat partisi root yang baru, untuk Type For the New partition pilih Primary, lalu tentukan Kapasitas yang kan kita alokasikan pada tab size dalam MB, sebagai contoh ketik 3000=3GB, 5000=5GB dan seterusnya, lewatkan opsi Location dan Use as (biarkan secara Default) lalu pilih Mount Point di “/” , lihat gambar dibawah ini.

membuat partisi

b. membuat partisi home (optional- kalau gak dibuat juga ‘gak papa)

  • sama seperti membuat partisi root, hanya untuk Type for the New Partition sebaiknya pilih “logical” bukan “primary”
  • dan untuk Mount Point pilihlah home, untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini.

c. Membuat partisi swap

  • sama seperti membuat partisi sebelumnya, dengan pilihan Type for the New partition di “logical”
  • untuk size maka sangat dianjurkan sebesar 2x RAM, kalau punya Ram 512 MB, berarti size partisi swab kita adalah 1024MB Untuk Mount Point pilih swap
  • setelah itu klik forward, dan sekali lagi kami ingatkan bahwa partisi yang kita buat nanti akan diformat, dan datanya tidak dapat ter”recover lagi” jadi pastikan data penting anda sudah di Back-Up.

Langkah 8: mengisi profil
pilih real name, terserah saja,
untuk menentukan username dan password login ke ubuntu kamu, kalau kamu termasuk tipe orang yang “sangat pelupa” ya siapkan pena dan kertas untuk mengingat username dan password yang telah kamu isikan, :)
klik forward

 profil

Ubuntu Siap untuk Diinstall “Ready to Install” klik install

ready

Langkah 9: Ubuntu akan menyelesaikan proses penginstalan kurang dari 10 menit tergantung dari spek PC atau Notebook kamu( Notebook saya speknya Pentium M Centrino 1.73GHz, Ram 1GB)

nginstall

tunggu sampai muncul jendela konfirmasi Instalasi success seperti dibawah ini lalu klik “Restart Now”

sukses
SELAMAT UBUNTU 8.04 SUDAH TERINSTALL, loginlah dengan username dan password yang telah kamu pilih, jangan sampai lupa :)

login

Lakukan Modifikasi, dan Instalasi lebih lanjut agar Ubuntu Kamu lebih Powerfull di kategori Setelah Instalasi

0 komentar

Pengikut