HOME NEWS MASTEL ICT CLINIC TIK GORONTALO E-DUKASI
sekolah gratis


Information and Communication Technologi Clinic

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena Informasi Komunikasi dan Teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT CLINIC khususnya di SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Saya request CD ubuntu 8.04 Hardy Heron ketika datang langsung deh diinstall. Waktu pertama install blm bisa mainkan desktop effect di kompi saya. Setelah baca2 tutorial dan tanya dengan tmen2 yg lebih dulu pake Hardy akhirnya bisa juga menjalankan Desktop effect alias Compiz Fusion di kompi saya. Wow keren deh. Awalnya saya penasaran Desktop Effect sepeti apa sih yang dimainkan di Linux. Setelah searching akhirnya ketemu Video desktop effect Compiz Fusion di Youtube.com. Di sana ada video ttg wujud desktop effect di Ubuntu 8.04. wow keren deh.

Namun ada satu tutorial yg saya temukan di google yg memandu saya step by step menggunakan Compiz Fusion di Ubuntu 8.04.
http://www.howtoforge.com/compiz-fusion-ubuntu-gutsy-gibbon-nvidia-geforce-fx-5200
Silakan kunjungi ada tutorial lengkap dengan shortcut keyboard dan screenshot untuk memainkan compiz fusion.

Sebelumnnya saya sebutkan spesifikasi hardware yg saya gunakan agar Ubuntu bisa memainkan compiz fusion. Spec kompi saya :
1. Monitor Samsung LCD 17″ SyncMaster740N
2. RAM 1G
3. VGA Intel GMA 3100 onboard
Spesifikasi hardware menjadi penting untuk memainkan desktop effect karena desktop effect dimainkan pada resolusi tinggi. Monitor 17″ diperlukan agar resolusi bisa mencapai 1280 x 1024. Dan VGA hrs disupport drivernya oleh Ubuntu. Dalam hal ini menggunakan VGA Intel ternyata sudah tersedia drivernya sehingga memudahkan langkah selanjutnya.

1. Install ubuntu 8.04 seperti biasa.
2. Install compizconfig-setting-manager lewat Synaptic Package Manager. Jangan lupa password ketika masuk ke synaptic.
3. Sekalian install Emerald. Salah satu tema di compiz. Install keduanya dengan meng-click apply.
4. Setelah selesai buka menu System> preferences> advance desktop effect setting.
5. Click pada checklist utk mengaktifkan effect yang kita kehendaki. Perlu di ingat ada effect2 yg saling meniadakan maka akan ada pertanyaan ketika kita mengenablenya. misalnya effect desktop wall akan meniadakan desktop cube.
6. Aktifkan service emerald window decorator. Bukan menu system> preferences> sessions. Pada tab “start up program” klik “add” button.
7. Pada “Name” isikan Emerald Fix
8. Pada ‘Command’ isikan emerald –replaces kemudian klik ok.
9. Relogin dengan menekan ctrl+alt+backspace.
10. Utk memainkan compiz fusion berikut shortcutnya :
Here’s a list of the most common Compiz Fusion keyboard shortcuts:

SUPER+SHIFT+DRAG LEFT MOUSE = draw fire
SUPER+SHIFT+C = clear fire
CTRL+ALT+DRAG LEFT MOUSE = rotate cube
CTRL+ALT+LEFT ARROW = rotate cube
CTRL+ALT+DOWN ARROW = flat desktop
SHIFT+ALT+UP = initiate window picker
CTRL+ALT+DOWN = unfold cube
ALT+TAB = window switch
SUPER+TAB = flip switcher or ring switcher, depending on which is enabled.
ALT+F7 = initiate ‘move windows’
SHIFT+F9 = water effect
SHIFT+F10 = slow animations
CTRL+ALT+D = show desktop

For Grouping and Tabbing:
SUPER+S = select single window
SUPER+T = tab group
SUPER+Left = change left tab
SUPER+Right = change right tab
SUPER+G = group windows
SUPER+U = ungroup windows
SUPER+R = remove group window
SUPER+C = close group
SUPER+X = ignore group
Hold the SUPER button then select the windows you want to group and then hit SUPER+G.

The SUPER key is the Windows key on most keyboards.

11. tombol “super” adalah tombol yang bergambar windows.
12. Untuk pengguna VGA nvidia dan ATI kemungkinan tidak tersedia drivernya di Ubuntu 8.04 alias termasuk restricted driver. Sehingga klo anda tidak mencari drivernya maka Ubuntu hanya akan memberi driver VESA artinya hanya bisa bermain di resolusi 800. Tidak bisa memainkan compiz.
13. Untuk mendapatkan driver nvidia dan ATI kita menggunakan utility yg bernama envyNG. Utility ini sudah default ada pada disto LinuxMint. Visit aja ke :
http://albertomilone.com/nvidia_scripts1.html
klik di get envyNG.
atau googling aja dengan keyword envyNG.
14. Setelah EnvyNG terinstall kita bisa mendowload driver nvidia dan ATI secara mudah dan bisa pula menyimpannya.
15. setelah EnvyNG berhasil mendapatkan driver nvidia atau ati restart kompi. Jika berhasil komputer akan menampilkan resolusi tinggi 1280 x 1024.

16. Ikuti step by step mengintall compiz manager seperti di atas.
17. Mainkan Compiz Fusion yang keren untuk melawan Vista

Selamat mencoba dan salam linux.

Posting : aspan syahbudin

0 komentar

Pengikut